Pendahuluan
Perbankan
merupakan inti dari sistem keuangan pada tiap negara Indonesia, yang telah
memiliki beberapa Undang-undang yang mengatur tentang perbankan, diantaranya
yaitu:
- Undang undang RI Nomor 7 Tahun 1992 yang telah
diubah menjadi Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan.
- Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/7/PBI/2005 jo
Nomor 10/10/PBI/2008 Tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah.
- Undang-undang No. 3 Tahun 2004 tentang Bank
Indonesia.
- Undang-undang No. 21 Tahun 2008 tentang
Perbankan Syariah.
- Undang-undang RI No. 24 Tahun 2004 tentang
Lembaga Penjamin Simpanan.
”Menurut Pasal 1 angka 1 Undang-undang RI No. 10
Tahun 1998 Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank,
mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam
melaksanakan kegiatan usahanya.”
Menurut Booklet Perbankan
Indonesia (2003), Perbankan adalah segala sesuatu menyangkut dengan bank,
mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan
kegiatan usahanya. Bank adalah salah satu lembaga keuangan sebagai tempat
bagi perusahaan, badan-badan pemerintah swasta maupun perorangan untuk
menyimpan danadananya. Melalui kegiatan perkreditan dan berbagai jasa yang
diberikan bank untuk melayani kebutuhan pembiayaan serta meluncurkan mekanisme
sistem pembangunan bagi semua sektor perekonomian, kedudukan bank itu
sendiri adalah sebagai penghimpun dana dari masyarakat, sebab bank itu
sendiri memperoleh pendapatan dan modalnya dari simpanan masyarakat pada
bank tersebut.
Evolusi bank berawal
dari awal tulisan, dan berlanjut sampai sekarang dimana bank sebagai
institusi keuangan yang menyediakan jasa keuangan. Sekarang ini bank
adalah institusi yang memegang lisensi bank. Lisensi bank diberikan oleh
atasan bagian keuangan yang memberikan hak untuk
melakukan jasa perbankan dasar, seperti menerima tabungan dan memberikan
pinjaman.
Jasa bank sangat penting
dalam pembangunan ekonomi suatu negara Indonesia. Jasa perbankan pada
umumnya terbagi atas dua tujuan. Pertama, sebagai penyedia mekanisme dan
alat pembayaran yang efesien bagi nasabah. Untuk ini, bank menyediakan
uang tunai, tabungan, dan kartu kredit. Ini adalah peran bank yang paling
penting dalam kehidupan ekonomi. Tanpa adanya penyediaan alat pembayaran
yang efesien ini, maka barang hanya dapat diperdagangkan dengan cara
barter yang memakan waktu. Kedua, dengan menerima tabungan dari nasabah
dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana, berarti bank
meningkatkan arus dana untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih
produktif. Bila peran ini berjalan dengan baik, ekonomi suatu negara akan
meningkat.
Pembahasan
Perkembangan Teknologi Iinformasi Komputer Perbankan
Semakin majunya
teknologi di dunia transaksi perbankanpun mulai mengunakan teknologi berbasis
komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah. yang tadinya melayani
nasabah dengan harus bertemu / nasabah datang ke cabang2 bank yang disediakan
oleh bank yang dia gunakan untuk menabung/infertasi menjadi lebih mudah karena
bank mulai mengunakan teknoligi berbasis komputer dan sekarang sudah bisa
mengakses lewat internet bahkan dengan mobile "HP" dengan SMS sudah
banyak diterapkan bank.
Dalam dunia perbankan, perkembangan
teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan
menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa
seperti :
- Adanya transaksi berupa Transfer uang via mobile maupun via teller.
- Adanya ATM ( Auto Teller Machine ) pengambilan uang secara cash secara 24
jam.
- Penggunaan Database di bank – bank.
- Sinkronisasi data – data pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.
Dengan adanya jaringan computer hubungan atau
komunikasi kita dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat. Contohnya :
email, teleconference.
Sedangkan di rumah dapat berkomunikasi dengan pengguna lain untuk menjalin
silaturahmi (chatting), dan sebagai hiburan dapat digunakan untuk bermain game
online, sharing file. Apabila kita mempunyai lebih dari satu komputer, kita
bisa terhubung dengan internet melalui satu jaringan. Contohnya seperti di
warnet atau rumah yang memiliki banyak kamar dan terdapat setiap komputer di
dalamnya.
Pada dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi
membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi
sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Seperti halnya
pelayanan electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking dan
Internet Banking misalnya, merupakan bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank
yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang
berdasarkan teknologi.
Kesimpulan
Perbankan meningkatkan arus dana
untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih produktif. Bila peran ini
berjalan dengan baik, ekonomi suatu negara akan meningkat.
Sumber :
kholil.staff.uns.ac.id/files/2010/03/hk-perbankan-perkreditan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar